Thursday, April 17, 2008

KIPEEEMMM !!!!!!!!!

Weleh, we can call it 'penyakit lama' di sekitaran banjar tegaljaya, kuta. Lebih spesifik, penyakit ini namanya 'SIDAK KIPEM' wakakakk...
2002, pertama aku nyampe bali harga selembar KIPEM (KITAS, KIPS atau apalah namanya) masih Rp. 15.000,- untuk masa berlaku 6 bulan. Trus naik 50rb utk masa berlaku 6 bulan. Ga lama setelah itu berubah lagi, tapi bukan harganya. Tapi durasi masa berlakunya. Dari 50rb/6 bulan trus jadi 50rb/3 bulan. Dan itu berlaku sampe sekarang.
Nah, tadi kira2 jam 7an ada temen sms gini : Selamatkan diri anda... Ada sidak KIPEM !!
Kalo sudah ada sms seperti itu, cuma ada dua langkah (bagi yang tidak dipersenjatai KIPEM). Lari untuk sementara dari kos atau mengunci diri dalam kos dan rela bergelap gulita sampe pagi. Tapi sebenarnya masih ada pilihan ketiga kalo ga mau ngelakuin dua jalan yang sudah disebut tadi. Yaitu MENYERAH dan rela dibawa ke banjar untuk diinterogasi dan ditahan KTP atau SIM-nya dan akhirnya bayar 70rb dengan rincian 50rb biaya bikin KIPEM + 20rb penalti karena ga punya KIPEM.
Sebenernya sih ga masalah bayar 50rb utk bikin KIPEM. Tapi kadang muncul perasaan penasaran. Ke mana larinya penaliti yang 20rb itu ?? Susah percaya kalo inget kebiasaan orang bali yang suka minum-minum rame2. Mangan ora mangan sing penting ngombe !! Mungkin gitu kali yaa ?? Hehehe... Dipake buat apa juga ga pernah jelas. Ga ada transparansi sama sekali. Kalo uang itu lari untuk kebutuhan perut orang rame sih ga masalah, tapi kalo untuk kebutuhan mabok-mabokan mana rela man !!
Aku pribadi sih pernah dua kali kepergok tanpa punya KIPEM. Bener2 tanpa peringatan dari temen2, tau2 pemuda bercelana panjang (pecalang) muncul di kamar. Ya sudah, hilang percuma deh 140rb waktu itu. Yang paling parah, dari dua kali kena sidak KIPEM, petugas yang nyidak itu dari mulut atau tubuhnya pasti ada aroma alkohol habis minum-minum.
Kebiasaan buruk atau apa ?? Ga jelas...
Di KTP ku tertulis KTP nasional. Ada yang bilang kalo sudah KTP nasional sebenernya ga perlu yang namanya KIPEM lagi. Ada yang bilang KIPEM itu keputusan pemda masing-masing daerah alias otonomi daerah. Cape deee...
Kalo mau jujur, yang WNI asli mungkin kurang begitu ngerti tentang seluk-beluk kewarganegaraan di Indonesia kecuali yang memang bekerja di bidang itu. Tapi yang paling ngerti pasti para ekspatriat karena mereka pasti urusannya di hal-hal seputar itu. Sama kalo di luar negeri, contoh di belanda. Orang belanda sendiri mungkin banyak yang ga tau singkatan dari MVV (Machtiging Verblijf Vergunning). MVV itu sejenis green card kalo di amrik sono atau bahasa kerennya 'IJIN TINGGAL' Yang paling ngerti ya pasti orang asing yang imigrasi ke sono.
Rasanya tuh seperti dipermainkan. Yang paling parah, yang mempermainkan itu bangsa sendiri. Kok dipermainkan ? Masalahnya kita ga pernah tau jelas peraturan (perundangan) yang mengatur semua hal itu. Jadinya kebanyakan orang-orang di sekitarku lebih milih kabur daripada kena 70rb pas sidak atau mesti bayar rutin 50rb/3 bulan.
Well, toh habis ini kuliah selesai. Jadi persetan sama urusan KIPEM lagi !!

No comments: